Senin, 27 Juni 2016

10 Wisata Unggulan di Jatim












 
Jawa Timur kaya sekali akan obyek-obyek wisata yang indah dan menarik. Namun di antara berbagai tempat wisata, ada 10 obyek wisata andalan Jawa Timur. Berikut ini kesepuluh obyek wisata tersebut.


1. Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan salah satu tempat wisata Jawa Timur yang ramai dikunjungi dan paling terkenal. Wisatawan yang datang tak hanya dari daerah Jawa Timur, melainkan dari daerah lain yang lumayan jauh, seperti Jakarta dan sekitarnya. Gunung Bromo adalah gunung api aktif yang berada di empat wilayah, antara lain Kabupaten Malang, Probolinggo, Pasuruan, dan Lumajang. Banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan di sini, seperti berkuda, mendaki gunung, menikmati sunset, dan berjalan melihat padang pasir Gunung Bromo.

2. Jawa Timur Park (Jatim Park)

Jatim Park adalah sebuah taman belajar dan rekreasi yang sangat besar dan juga lengkap. Taman rekreasi ini terletak di Kota Baru, Jawa Timur, lebih kurang 20 Km dari kota Malang. Jatim Park mempunyai lebih dari 36 jenis wahana permainan yang menjadi ikon wisata Jawa Timur. Selain itu, Jatim Park pernah memperoleh sebuah penghargaan juara pertama dengan wisata buatan nasional dari menteri pariwisata.

3. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang merupakan salah satu tempat wisata Jawa Timur yang ramai dengan wisatawan, karena keindahan pantai dan pura di atas sebuah pulau karang. Pantai ini terletak di bagian selatan provinsi Jawa Timur. Lokasi Pantai Balekambang hanya 45 KM selatan kota Malang, tak heran pantai ini dipenuhi pengunjung dari kota Malang dan menjadi tempat wisata favorit warga Malang dan sektiarnya. Pantai Balekambang memiliki karakteristik ombak yang besar dan arus yang cukup kuat. Suasana di Pantai Balekambang mempunyai kemiripan dengan anah Lot, Bali.

4. Goa Maharani Lamongan

Goa Maharani Lamongan adalah sebuah goa yang kali pertama ditemukan oleh penggali tanah. Goa ini memiliki ukuran sekitar 2,500 meter persegi, dan berlokasi di Kecamatan Paciran. Goa Maharani Lamongan ini menyuguhkan kesan indah wisata bawah tanah yang penuh dengan stalakmit. juga bebatuan yang unik.

5. Pantai Sendang Biru dan Pulau Sempu


Pantai Sendang Biru merupakan pantai yang indah, ombaknya tak terlalu besar, arusnya pun juga lebih tenang dibanding pantai yang lain di pesisir selatan Pulau Jawa. Pantai ini terletak 30 Km di sebelah selatan kota Malang. Tidak terlalu besarnya arus dan ombak di sini disebabkan adanya sebuah pulau di dekat Pantai Sendang , yaitu Pulau Sempu. Anda bisa menjelajahi Pulau Sempu dengan menggunakan perahu nelayan menyeberang dari Pantai Sendang Biru.

6. Kawah Ijen di Banyuwangi

Kawah Ijen merupakan kawah danau terbesar yang ada di pulau Jawa. Pesona yang ditawarkan tempat wisata ini adalah danau belerang berwarna tosca sdan juga api biru (blue fire). Panorama ini dapat Anda saksikan pada waktu malam hari sampai menjelang subuh. Untuk bisa mencapai kawah, harus mendaki dahulu kira-kira setinggi 3 km, hal ini mungkin akan memakan waktu 1,5 jam. Kemiringan pendakian antara 25 hingga 35 derajat. Rasa lelah saat mendaki akan terbayar tatkala Anda mendapati indah pesona blue fire pada salah satu tempat wisata ini.

7. Pantai Klayar Pacitan

Pantai terpencil di bagian selatan Jawa Timur ini memiliki keindahan tiada duanya. Belum pernah mendengarnya? Wah, bayangkan saja hamparan pasir putih membentang dengan air laut yang masih bening, sangat cantik. Juga ada bebatuan karang yang membentuk air mancur alami dan mengeluarkan suara seperti seruling.


8. Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo terletak di kawasan Gunung Semeru dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Danau ini merupakan spot favorit bagi pendaki Semeru karena menawarkan pemandangan dan suasana yang yang menakjubkan.


9. Pantai Plengkung Banyuwangi

Pantai yang dikenal dengan nama G-Land ini memiliki ombak yang yang sangat tinggi dan juga besar. Pantai yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo ini terletak di sebelah tenggara Pulau Jawa yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Maka jangan heran salah satu pantai di Jawa Timur ini memiliki pesona alam pantai yang sangat indah.

Ombak di Pantai Plengkung membuat ombak di pantai ini masuk dalam jajaran “The Seven Giant Wves Wonder”. Ketinggian ombak di pantai ini yaitu 4 hingga 6 meter. Maka jangan heran jika Pantai Plengkung merupakan salah satu pantai di Jawa Timur yang dikenal para sufer Internasional. Waktu yang tepat untuk berselancar di pantai ini yaitu pada bulan April hingga Agustus. Karena pada bulan tersebut ombak di pantai ini dapat mencapai puncak tertinggi.


10. Taman Safari Prigen

Taman Safari Indonesia 2 adalah salah satu safari park terluas di Asia, yang terletak di lereng Gunung Arjuno, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Di sini kita bisa menyaksikan berbagai binatang yang dilepas di alam bebas. Dan juga ada berbagai arena permainan dan kereta gantung.  Alamat: Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur

0 komentar :

Posting Komentar

Daftar Artikel